Sabtu, 05 September 2015

Dua Puncak Dempo

Bagi teman-teman penggemar naik gunung dan travelingn, jika mendengar Kota Pagar Alam salah satu yang terngiang adalah keindahan alamya termasuk gunung dempo.

Tahukah teman-teman bahwa gunung Dempo memiliki dua puncak. Ketika teman-teman mendaki gunung Dempo maka puncak pertama yang dicapai adalah pucak dempo (puncak gunung yang tidak aktif) dengan ketinggian 3159 mdpl, di puncak ini banyak terdapat tanaman perdu dan agak becek terutama di musim hujan. Setelah mencapai puncak Dempo, teman-teman dapat melihat puncak kedua (puncak Api) di seberang yang dipisahkan satu dataran lembah yang cukup luas. Dari puncak dempo pendaki akan turun ke lembah dan di lembah inilah tempat biasanya didirikan tenda oleh pendaki. Di lembah ini juga terdapat sumber air yang sangat jernih tetapi rasanya agak kecut karena mangandung blerang.

Biasnya pendaki akan menuju puncak Api pada pagi hari atau sore hari. Karena waktu inilah paling tepat untuk melihat matahari terbit dan terbenam yang tentu sangat indah luar biasa. Subhanallah.
 

*o ya... di lembah puncak Dempo ada beberapa batu nisan yang dianggap kramat bagi beberapa masyarakat yang mempercayainya. kadang-kadang ada masyarakat yang meletakkan sesajen di sana bahkan ada yang membawa hewan untuk disembelih di lembah puncak Dempo. Jadi kalo ada yang lupa membawa perbekalan cukup, jangan takut kelaparan. Lahap saja tu sesajen. hahaha 
 
facebook: kopi pagar alam (https://web.facebook.com/kopi.pagaralam.3). invite yaa. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar