Sabtu, 05 September 2015

Kopi Pagar Alam

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, kota Pagar Alam juga dikenal dengan kenikmatan kopi robustanya. Di kota Pagar Alam buah kopi dikenal dengan 'kawe' mengadopsi dari kata kohwatun yang merupakan bahasa Arab karena asal muasal kopi adalah dari bangsa Arab. Sedangkan penyebutan kopi sendiri baru diucapkan setelah buah kopi telah digoreng dan siap seduh (bubuk kopi). 

Perkebunan kopi inilah yang menjadi tulang punggung kehidupan masyarakat Pagar Alam selain dari pertanian sayur-sayuran (o ya, Pagar Alam merupakan pengahasil utama sayur-sayuran khususny di Sumatra Selatan). Tapi, setelah keadaan ekonomi yang tidak begitu jelas dan berimbas dengan perekonomian masyarakat termasuk pekebun kopi di Pagar Alam, harga kopi yang terlalu rendah ditambah lagi kopi merupakan tanaman musiman dengan panen hanya satu kali dalam setahun membuat banyak pekebun kopi di Pagar Alam mengganti pohon kopi dengan pohon cokelat (kakao) karena lebih menjanjikan dengan harga lebih stabil dan walaupun kakao merupakan tanaman musiman tapi tetap terdapat buah yang dapat dipanen setiap bulannya walaupun tidak sebanyak ketika musim kakao. 

Semoga perekonomian Indonesia terus membaik dan kota Pagar Alam dan daerah sekitarnya tetap dikenal penghasil kopi robusta terbaik di dunia. :D

facebook: kopi pagar alam (https://web.facebook.com/kopi.pagaralam.3). invite yaa. :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar