Sabtu, 05 September 2015

Kebun Teh Lereng Gunung Dempo

Banyak orang mengenal Pagar Alam dengan keindahan gunung Dempo beserta kebun teh yang menghampar hijau seperti permadani. Dan banyak orang menduga perkebunan teh yang beribu hektar itu merupakan sumber penghidupan masyarakat Pagar Alam. Ternyata tidak, perkebunan teh itu hanyalah perkebunan pemerintah, dan sebagian besar pekerjanya pun bukan masyarakat asli Pagar Alam melainkan para pendatang terutama dari pulau jawa. Jadi, apa sebenarnya penghidupan masyarakat asli Pagar Alam. Di Pagar Alam masyarakat hidup dari perkebunan Kopi (walau sekarang sebagian banting stir menjadi pekebun cokelat atau kakao) dan bercocok tanam sayur-sayuran. Sedangkan tanaman padi (atau dikenal dengan istilah 'betanam') hanya dilakukan pada musim-musim tertentu saja, terutama jika sedang musim panen kopi (Kawe).

o ya, dulu, ketika saya masih duduk dibangku SD saya tidak pernah mencicipi bahkan melihat kemasan teh Pagar Alam, padahal teh Pagar Alam sagat terkenal hingga ke manca negara. Hal ini terjadi karena teh Pagar Alam diprioritaskan untuk ekspor bahkan permintaan Jepang saja sangat sulit terpenuhi oleh perkebunan teh Pagar Alam karena permintaannya yang begitu tinggi.
 
Tapi Alhamdulillah, sekarang teman-teman akan sangat mudah menemui penjual teh Pagar Alam (teh Gunung Dempo) ketika berkunjung ke Pagar Alam. 
 
facebook: kopi pagar alam (https://web.facebook.com/kopi.pagaralam.3). invite yaa. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar