Sabtu, 05 September 2015

Ghumah Baghi

Pernahkah teman-teman mendengar 'ghumah baghi'?

Ghumah baghi merupakan salah satu kearifan lokal kota Pagar Alam dan sekitarnya. Secara harfiah arti ghumah baghi adalah rumah kuno atau rumah zaman dahulu. Ketika berjkunjung ke Pagar Alam dan sekitarnya, kita akan menemui sisa-sisa masyarakat yang masih menempati ghumah baghi walaupun kadang-kadang rumah tersebut sudah berpadu dengan hal-hal yang lebih modern seperti lantai dasar sudah ditembok dengan semen dan bata sedangkan lantai atas tetap mempertahankan arsitektur aslinya.

Yang menarik dari ghumah baghi adalah desainnya yang tahan gempa. Kita mengenal Pagar Alam dan sekitarnya merupakan daerah rawan bencana seperti gempa bumi. Desain ini menunjukkan bahwa sejak zaman dahulu, masyarakat Pagar Alam dan sekitarnya telah menunjukkan suatu kemajuan peradaban yang tinggi. Bahkan jika kita membaca beberapa penelitian sejarahwan, pusat pemerintahan Sriwijaya diduga terletak di daerah Pagar Alam dan sekitarnya.

O ya, satu hal yang sangat menarik ketika kita mengunjungi ghumah baghi asli adalah tiang-tiangnya merupakan potongan besar pohon utuh (berbentuk silider seperti pohon aslinya) yang tidak ditancapkan ke tanah melainkan hanya diletakkan diatas satu batu utuh sehingga tiang ini tidak sama sekali menyentuh tanah. Walaupun tidak ditancapkan dan tidak ditopang oleh apapun selain baru besar tadi, konstruksi ini sangat kuat dan tahan gempa. Hal yang sangat luar biasa.  

‪#‎RinduPagarAlam‬
‪#‎GunungDempo‬
‪#‎GhumahBaghi‬

facebook: kopi pagar alam (https://web.facebook.com/kopi.pagaralam.3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar